Minggu, 26 Agustus 2012

KOMIK BAITUL MAAL HIDAYATULLAH

Setiap terbitan edisi Jum’at, harian REPUBLIKA memuat iklan-iklan lembaga pendidikan islam, biro perjalanan haji, layanan pemotongan kambing haqiqah dan lembaga amil zakat dari berbagai macam organisasi penggalangan dana umat, yang kesemua iklan itu mencari perhatian pembaca agar menancap di benaknya. Iklan-iklan itu dikemas dengan headline, teks dan visual yang dikomposisi estetis dari rangkaian kata-kata yang diharapkan mampu menarik umat. Tetapi karena banyak iklan yang tampak serupa, sehingga pesan-pesan di dalam iklan itu terlewati dan diabaikan, pembaca pun melanjutkan membuka halaman berikutnya. Begitu pun iklan BMH (Baitul Maal Hidayatullah) yang setiap Jum’at muncul tidak menimbulkan simpati dan empati, padahal iklan itu diharapkan untuk mengundang darmawan atau donatur ikut menghimpun dana dalam mengembangkan dakwah bagi para dai di pelosok nusantara, yang ditugaskan di daerah terpencil.
Untuk meningkatkan efektivitas iklan di hari Jum’at itu, BMH merubah tampilan, yang tadinya iklan berisi teks narasi saja, sekarang menggunakan gaya komik. METAFORMA COMMUNICATIONS dipercaya untuk menggarapnya, mulai dari konseptor, editor, illustrator sampai eksekutor…

Tidak ada komentar: